Thursday, July 3, 2014

Hidup Adalah??!


Hello dear, Ada yg bisa menjawab pertanyaan dari gambar diatas??
Hidup Adalah??


Well, kata hidup ditelinga kita bukan kata yang asing lagi, seluruh orang pernah menyebutnya. But, apa sih artinya? satu kata, simple.. tapi maknanya dalam.
Dikutip dari beberapa referensi yang pernah saya baca dan saya simpulkan dalam tulisan saya sekarang, bahwa hidup adalah Be-La-Jar.
Setuju???? Maksudnya apa ya? Belajar apa?
Belajar yang saya maksudkan disini adalah berproses setiap waktunya. Hidup berarti kita ada dalam suatu dimensi setiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, dst. Coba kita flashback kebelakang saat pertama kali kita dilahirkan sampai diumur kita sekarang. Adakah setiap waktunya kita lewatkan bukan untuk belajar/berproses?

Dari kita lahir jadi baby cute, eh dari waktu dalam kandungan deh, kita belajar bergerak, mendengar suara ibu, ngemut jari, muter-muter sampe kepalanya dibawah, terus kita lahir, melihat, tertawa, nangis, mulai tengkurep, merangkak, mulai berdiri, jalan, ah banyak deh... lets we think, apakah itu bukan proses dear? All of them is proses! Kita belajar, dari ga bisa menjadi bisa. Terus sekarang kita sudah tumbuh menjadi remaja bahkan dewasa banyak hal yang masih kita pelajari selain bersekolah, belajar memecahkan masalah, saya ga perlu menyebutkan satu persatu contohnya ya karena saya yakin pasti bisa untuk memberi contoh proses belajar diumur sekarang.

But, ada hal yang pointnya lebih utama saya pikir tentang belajar dikehidupan ini. What is that??
"Belajar untuk terus memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah kita lakukan dan tidak mengulanginya kembali"
saya yakin dari setiap proses pembelajaran yang pernah kita lakukan, poin belajar ini yang lebih sulit dilakukan. But, inilah proses belajar sesungguhnya. Tidak kembali pada kehidupan masa lalu yang bisa dikatakan kelam menurut kita, untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Pernah dengar sebuah Quotes begini dear "Sebaik-baik manusia adalah yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini". Sudahkah kita seperti itu, apakah kita masih sama dengan yang lalu :( . Kalau masih sama kapan kita baiknya ya :((

Sudah banyak quotes cantik yang berbicara tentang point itu, beberapa diantaranya "Kalau hidup sekedar hidup babi dihutan juga hidup" (Buya Hamka), "Hitunglah diri kalian sebelum diri kalian dihitung: (Umar Bin Khotob), "Sungguh beruntunglah orang yang terus menyucikan jiwanya" (QS, As Syams, 9-10), etc.

That is the point of life, tidak semua orang bisa membenahi dirinya. Dear, saya pernah membaca sebuah referensi kalau sebenarnya ketika kita berbuat sebuah kesalahan yang sebenarnya kita sadari atau tidak kita seperti berada dalam lingkaran atau circle kehidupan. And then, apakah kita akan terus selamanya berjalan pada lingkaran tersebut? Jelas tidak kan? Nah, solusinya adalah kita harus bisa keluar dari lingkaran tersebut. Bagaimana caranya? Ya berani keluar, berani meninggalkan lingkaran itu and dont look back! Fokus terhadap masa depan. Kalau kita masih terus berada dalam lingkaran tersebut, ya kita akan berputar terus dalam kesalahan yang tiada hentinya, karena lingkaran tak berujung. So kita yang harus move out dari lingkaran tersebut, fighting!!! susah memang ya, but this is the real life dear. Kita pastinya ga mau hidup dalam kesalahan terus bukan.

Then, dalam surat al-mu'minun: 114

"Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui". 

So, mari kita sama-sama berbenah diri dear, sebelum semuanya terlambat. Karena penyesalan selalu datang dibelakang, kalau didepan pendaftaran dong :p hehe.

Semoga kita tidak berada dalam lingkaran kesalahan yang terus berputar dalam kehidupan kita ya dear, amin. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah dan petunjuk pada kita, agar kita terus diingatkan olehNya untuk terus belajar (memperbaiki diri) karena itu salah satu bukti Allah menyayangi kita. Setiap cobaan dan pahitnya pengalaman yang kita alami, jadikanlah semuanya pelajaran untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Karena kita harus percaya Allah akan memberikan yang terbaik dari yang baik yang pernah kita dapatkan, tugas kita hanya berusaha mencari yang terbaik tersebut dengan selalu belajar. 

Semangat untuk terus belajar memperbaiki diri demi kehidupan yang terbaik !
Semoga bermanfaat dear...


No comments:

Post a Comment