Thursday, July 17, 2014

Teman terbaik adalah... buku

Dear all,

kali ini saya akan menceritakan tentang teman terbaik kita diangkat dari pengalaman-pengalaman saya pribadi, teman yang sebenarnya selalu ada untuk kita saat suka dan duka yang justru bisa memotivasi kita dari setiap permsalahan yang kita hadapi, ialah Buku

Kok Buku? Kenapa Buku? dia kan ga bisa diajak curhat, ngomong juga ga bisa, kok bisa jadi teman terbaik???


Bagi saya buku adalah teman terbaik, khususnya saat kita sedang dalam masalah. Memang buku tidak bisa diajak curhat atau ngobrol secara langsung, but solusi yang ditawarkan justru lebih kongkrit dan memiliki daya motivasi yang jauh lebih kuat, khususnya buku-buku yang bisa menginspirasi kita.

Bagi saya buku bisa menjadi sumber kekuatan sendiri untuk bangkit, bahkan datangnya dari kita sendiri. Tidak perlu didorong-dorong karena teman yang kadang membuat kita terpaksa atau hanya mengangguk mengiyakannya saja, beda halnya dengan buku. Melalui buku kita dituntut mendapatkan dan memahami pesan tersirat atau nila-nilai yang terkandung didalamnya yang justru inilah sumber kekuatan bagi diri kita.

Kehidupan tidak selamanya berada di atas, roda hidup berputar ke atas ke bawah, hal yang wajar. Nah, saat berada dibawahlah kita butuh energi agar kita bisa kembali keatas, bagi saya buku lah caranya. Allah selalu memberikan berbagai jalan dan petunjukNya kepada setiap umatnya, bagi saya buku adalah cara Allah agar saya selalu bisa bangkit, it is real dear! Mungkin juga karena kecintaan saya membaca dari kecil, membawa saya selalu ingin membaca dan membaca, haus akan ilmu, khususnya suatu hal yang bisa menginspirasi saya untuk lebih baik lagi kedepannya. But setiap orang pastinya punya cara yang berbeda-beda, so find your bestfriend :)

Toko buku adalah tempat yang saya cari ketika lagi galau-galaunya, whatever buku apapun yang menarik pandangan kita saat itu, bacalah... karena bisa jadi dari situlah solusi datang. Di toko buku saya hanya perlu satu buku saja, ga harus beli heheheh kadang saya suka baca ditempat sampai selesai, lalu sudah.. go home.. karena kadang buku-buku inspiring itu selalu memiliki kisaran harga yang tak cocok dengan anak kuliahan dan kosan seperti saya, hehehe :p. saya hanya perlu satu buku yang paling menarik saat itu, biarkan otak kita yang menuntun mana buku yang menarik karena otak bekerja sinkron dengan hati kita, jadi kadang buku yang kita pilih sesuai dengan hati kita. That's the point!! dimana apa yang saya katakan sebelumnya, kadang buku bisa memberikan solusi yang jauh lebih kongkrit dan memiliki daya motivasi yang jauh lebih kuat. salah satu buku favorit saya diantara buku-buku yang pernah saya baca, yang menurut saya dibacanya berulang-ulangpun tidak akan pernah bosan, mengandung energi positif luar bisa yaitu karya fenomenal Dr. Aidh al-Qarni berjudul "La Tahzan".

Mudah-mudahan kita menjadi orang-orang yang selalu haus akan ilmu-ilmu dari setiap permasalahan yang kita hadapi dan menjadikan kita semakin banyak mencari ilmu itu, salah satunya dengan membaca :) . Seperti perintah ayat al-quran yang turun paling awal, Iqra!! “Bacalah dengan menyebut nama Rabb-mu yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabb-mu lebih Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (al-‘Alaq: 1-5)

No comments:

Post a Comment